Senyum Dong

BERBUAT BAIK, KOK  MASIH SALAH..

Mungkin sedikit tidak percaya, berbuat baik tapi masih disalahkan. Kalau tidak percaya coba simak cerita berikut :

Andika adalah seorang pemuda yang biasa-biasa saja. kesehariannya diisi dengan kegiatan rutin, dari mulai bangun tidur, sholat , pergi sekolah dan seterusnya sampai datang waktu tidur kembali. Tak ada  yang istimewa dari seorang Andika.

Suatu hari selesai sholat subuh Andika dengan khusyu mendengarkan kultum dari seorang ustad di masjid. Dalam ceramahnya di sampaikan kita haruslah berbuat baik dan tolong menolong dalam setiap kesempatan yang kita miliki. Pesan ini begitu melekat pada di Andika, yang berniat akan selalu berbuat kebaikan.

Sekembalinya dari masjid, Andika melihat seorang tuna netra dengan tongkatnya berada disisi jalan yang sama dengan dia… langsung saja dengan niat mengamalkan nasihat yang dia dapatkan subuh tadi,  Andika langsung menuntun orang tersebut  menyebrang jalan .  Tetapi betapa terkejutnya Andika sesampai di sebrang jalan, bukan ucapan terima kasih yang ia dapatkan, tetapi orang tersebut malah marah marah … Andika pun bertanya :  bapak saya tolong menyebrang jalan kok malah marah ?  Orang itu pun menjawab sambil cemberut : betul dek… tapi saya kan barusan aja nyebrang jalan ini…tauu… makanya lain kali tanya dulu kalo mau nolong orang.

GOMBALAN  KIMIAWAN

MANISNYA FRUKTOSA

A: Kamu tuh …. diantara cewek yang lain… ibarat fruktosa diantara karbohidrat…   B : maksudnyaaaaaa ? A : fruktosa itu paling manis … kayak kamuuu…

NATRIUM DAN AIR

A: Dimataku kamu ibarat logam Na yang bereaksi dengan air . B : Kok bisa?              A: Iya, soalnya kalau Na dengan air menghasilkan percikan api dan panas. B : kalau aku ?     B: Kalau kamu menimbulkan percikan api dihatiku.

ASAM SULFAT PEKAT

A: Kamu tau gak perbedaan asam sulfat pekat  dengan tatapan matamu? . B : nggak tuh . Emangnya apa ? A : kalau asam sulfat pekat bisa melarutkan hampir semua logam. B : terus kalau tatapan mata aku ? A : kalau tatapan matamu mampu melarutkan semua perasaanku.

TRIADE  (DOBREINER)

A : Kamu tau gak Triade dari dobreiner.  B : Tau, itukan 3 unsur dalam satu golongan yg sifatnya mirip. A : Kamu mau tau gak Triade dari aku . B : mau !!  A : 3 kata untuk  kamu . B : Apaan tuh ?   A :  I    Love  You

HALOGEN

A: kamu kaya halogen deh.  B : emangnya kenapa ?. A : sangat reaktif menarik perhatianku

TEBAK CERIA ALA Q-MUS

Tanya : Kenapa ikan bisa berenang ? , Jawab : karena ada airnya

Tanya : Mobil apa yang paling disukai siswa dari SD sampai S3 ?, Jawab : Mobilajar gurunya ga dateng .

Tanya : kenapa anak kodok kalau nyebrang jalan kereta harus lompat  ? jawab : karena kalau muter kejauhan.

Tanya : gajah yang panjang apanya ? Jawab : ususnya

Tanya : gajah apa yang paling panjang sedunia ?  Jawab : gajah baris

Tanya : Ikan apa yang hidup tapi ga bisa berenang ? Jawab : ikan kejepit batu

Tanya : Siapakah orang yang turunan senang tapi miskin ? Jawab : tukang becak, karena kalo tanjakan sedih.

Tanya : susu apa yang paling komplit kandungan unsur kimianya ? Jawab : susu nan berkala ( lebih dari 114 unsur )

Tanya : pelajaran apa yang paling disukai siswa ? Jawab : pelajaran kosong

Tanya : kenapa pengantin Jawa pakai keris di pinggangnya ? Jawa : kalau pakai pacul kegedean.

 GIBAHOLIK.

Adalah Doni (bukan nama sebenarnya ) seorang pelajar di sebuah sekolah menengah atas suatu kota di Jawa Barat . Doni dikenal sebagai seorang yang cukup supel dan ceria. Dimana saja Doni berada pasti selalu dikerumuni oleh teman-temannya. Banyak cerita segar dan baru yang meluncur darimulut Doni.

Doni juga dikenal sebagai seorang yang dekat dengan guru dan karyawan di sekolahnya , tapi kadang cuma perasaan dia saja yang merasa deket dengan orang lain, yah SKSD lah ( Sok Kenal Sok Deket ) gitu. Tapi orang seantero sekolahnya juga tahu,  ada satu sifat yang tidak baik dari Doni, yaiu suka sekali membicarakan kekurangan orang lain ( Gibahholik , seperti alkoholik kalau orang kecanduan minuman keras ) .

Suatu saat di awal semester,  ada satu tema yang jadi pembicaraan siswa laki-laki di sekolah Doni, ada seorang siswa pindahan ( sebut saja namanya Gina) , gadis manis dan ramah. Banyak cerita yang beredar luas tentang Gina , siapa lagi sumbernya kalau bukan Doni . Di awal minggu ini,Senin yang cerah Doni membuka obrolan dengan salah seorang Guru , sebut saja namanya PakRudi. Mulailah Doni bicara dengan gaya orang yang paling tau.

Doni : ” Pak Rudi tau gak..?

Pak Rudi : ” nggak…, kan kamu belum nogomong apa-apa”

Doni : ” iya ya ..he he “, sambil nyengir.,” Bapak tau nggak tentang Gina ?”mulai lah dengan gayanya SKSD.

Pak Rudi ” nggak tuh ”

Doni : “Bapak tau nggak bapaknya Gina aneh..?

Pak Rudi : “kayaknya nggak deh ”

Doni ; ” bener pak, selain aneh bapaknya Gina juga kuper banget ..”

Pak Rudi : ” kayaknya nggak deh ”

Doni makin semangat karena merasa di tanggapi : “kadang-kadang juga marah tanpa sebab yang jelas Pak…wiihh pokoknya aneh banget deh ”

Pak Rudi :” kayaknya nggak tuh”

Doni : Bapak kok dari tadi jawabannya kayaknya nggak-kayaknya enggak, ,emangnya bapak kenal sama orang tuanya Gina ? dia kan anak baru pak ..?

Pak Rudi menjawab  dengan suara yang agak tinggi : ” kamu jangan kurang ajar ya ..!!”

Doni : ” Lho , kok Bapak marah ..?”

Pak Rudi : ” Gimana saya nggak marah, Gina itu anak sayaa…!!!”

Doni : ” Haaah… “, saambil ngeluyur pergi

2. SEMOGA WARAS

Suasan salah satu ruang perawatan rumah sakit jiwa yang biasanya ramai kini tampak sepi. Ruangan yang biasa di isi oleh 15 pasien,kini hanya diisioleh 3 orang . Kemana mereka yang 12 orang lagi? ketika salah satu keluarga pasien ada yang bertanya, dijawab oleh petugas disana bahwa yang 12 orang tersebut sedang menjalani tes kesembuhan sebelum dikembalikan ke rumah masing-masing.

Selidik punya selidik ternyata mereka sedang di bawa ke suatu tempat yang cukup jauh. Untuk mempersingkat perjalanan, ke 12 pasien diangkut dengan pesawat herkules ( ceritanya begitu, pembaca jangan protes ).  Perjalanan itu dikawal oleh seorang perawat dan seorang dokter.

Ketika pesawat telah lepas landas, dokter dan perawat pergi ke ruang lain di pesawat. Tapi baru ditinggal sekitar 10 menit, terdengar suara gaduh, maka cepat-cepat perawat menengok ke tempat 12 pasien berada. Betapa terkejutnya dia melihat semmua pasiennya sedang bermain bola. ” ya ampun, kamu semua keterlaluan, masa di dalam pesawat main bola…?. Simpan bolanya ..!. salah satu pasien menjawab : ” iya pak, kita ga akan main bola dalam pesawat lagi, saya janji .” Perawat menjawab : ” wah, hebat, kamu pasti akan sembuh..jawaban kamu tepat, kalau begitu duduk yang tenang ya..saya mau bertemu dokter lagi.

Setengah jam telah lewat, terasa su asana sepi sekali:”mudah-mudahan mereka benar sembuh. perawatpun bergerak ke arah pasiennya berada.  Tapi alangkah kagetnya perawat itu ketika melihat ruangan tempat semua pasiennya duduktadi terlihat  sepi, hanya tingal 1 orang pasien. Perawat itupun bertanya  : ” kemana teman-teman kamu ?”. Pasien menjawab dengan tenang : ” kan bapaktadi  bilang nggak boleh main dalam pesawat, jadinya  mereka main bola diluar pak “. Bertambah kagetlah si perawat  mendengar jawaban itu ( sambil merasa yakin, yang satu ini telah waras karena tidak ikut ke luar pesawat ). ” Terus kamu kenapa nggak ikut?’ Dengan tenang pula si pasien menjawab :” saya kan pemain cadangan Pak “.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s